Perayaan Grebeg Suro Kabupaten Ponorogo

Bupati Ponorogo beserta Isteri saat Kirab Pusaka 2012.

Bulan Muharram / Suro bagi masyarakat Ponorogo merupakan bulan yang paling ditunggu dalam satu tahun selain bulan Ramadhan, Syawal dan Dulhijah.

Mengapa demikian ?

Karena masyarakat Ponorogo mengadakan Perayaan Grebeg Suro untuk menyambut datangnya bulan Suro / Muharrram.

Memang sudah tradisi bagi masyarakat Ponorogo setiap menjelang tanggal 1 Suro / Muharram, masyarakat Ponorogo selalu disibukkan dengan berbagai macam kegiatan budaya maupun spiritual. Berbagai macam agenda/acara dalam Perayaan Grebeg Suro.

Perayaan Grebeg Suro pada tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 7 – 14 November 2012, dengan agenda utama adalah Pemilihan Duta Wisata Kakang Sendhuk 2012, Larung Risalah Do’a, Kirap Pusaka dari Makam Bathara Katong sampai Kota Tengah yang dilaksanakan pada hari rabu, 14 November 2012 mulai jam 13.00 WIB – 17.30 WIB,  Festival Reyog Nasional XIX  Tahun 2012 serta Malam Penutupan Perayaan dan Festival Reyog Nasional XIX tahun 2012 pada malam tanggal 1 Suro / Muharram 1434 Hijriah yang dilaksanakan pada hari Rabu, 14 November 2012 malam.

Dalam acara Kirap Pusaka Bupati Ponorogo H. Amin, S.H beserta isteri dan para pejabat/ petinggi pemerintahan kota Ponorogo juga para pejabat undangan serta aktor dan artis mengikuti acara dengan menaiki dokar yang sudah dihias. Tidak hanya itu, Para pengusaha dan para siswa siswi dari sekolah-sekolah ikut merayakan acara kirap pusaka ini. Bupati Ponorogo dan para pejabat/petinggi pemerintah menyapa semua rakyatnya dan anak-anak kecil yang mengunjungi perayaan ini.

Sesampainya di Kota Tengah Bupati Ponorogo didampingi orang-orang kepercayaannya melakukan “Jamasan Pusaka” kota Ponorogo. Kemudian diadakan acara Purak Tumpeng. Acara ini dilangsungkan di jalan raya yang ada di depan Pendopo Kabupaten Ponorogo. Malam harinya diadakan penutupan Acara Perayaan Grebeg Suro dan Festival Reyog Nasional XIX Tahun 2012 dan di malam pergantian tahun Hijriah ini tepat jam 00.00 dilaksanakan pesta kembang api. Begitu meriah.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s