Tanah Di Desa Dayakan Merekah, Terbelah dan Amblas Sedalam 3 meter.

Belum selesai bencana Banaran, Kec. Pulung, kini masyarakat Ponorogo kembali diguncang bencana alam. Tanah merekah, terbelah dan amblas sedalam 3 meter. Terjadi di desa Dayakan, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo.

Hujan deras  selama  hampir  lima jam di desa Dayakan, Kecamatan Badegan, Ponorogo itu mengakibatkan sebuah bukit di Desa Dayakan merekah dengan kedalaman 3 meter dan panjangnya ratusan meter. Akibatnya beberapa rumah warga, sekolah, dan masjid di desa tersebut rusak.

Proses  rekahan atau retakan tersebut ditandai dengan bunyi gemuruh dari dalam tanah  mulai hari Rabu malam (5/4) hingga Kamis pagi (6/4).

Kepala desa setempat bersama TNI dan pihak  kecamatan  langsung mengecek lokasi saat terjadinya bunyi gumuruh pada Rabu malam.

Dari pemeriksaan itu diketahui ada retakan  selebar 30 meter  dengan kedalaman  3 meter dan panjang ratusan meter. Ada  tiga titik rekahan  yang teridentifikasi. Satu rekahan di titik atas  di wilayah Lingkungan  Salam dan Cepet , dan  dua rekahan di titik bawah  yaitu  di Lingkungan Wonoboyo dan Pengkok.

Kepala Desa Dayakan Kateno mengatakan, gemuruh di wilayah perbukitan  Dukuh Watu Agung , Desa Dayakan,  sudah terdengar sejak  pukul  17.00 WIB sore. Berselang lima menit  penduduk  melaporkan  adannya tambahan rekahan.

“Untuk mengantisipasi potensi bencana yang lebih besar, maka 78 kepala keluarga dengan 269 jiwa kami minta mengungsi sementara, keluar dari lokasi tersebut.  Mereka dilarang beraktivitas   di wilayah itu baik untuk meladang maupun merumput,” terang Kades Dayakan.

Kejadian tersebut langsung dilaporkan kepadan BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah ), agar segera dilakukan  penelitian lebih lanjut.

Sumber : Duta

Wilayah yang terkena dampak bencana ini :

Dukuh Watuagung :  4 RT, terdiri dari 78 KK, 269 jiwa, 69 rumah, 1 sekolah TK, 1 sekolah MTs, 1 polindes

Dukuh Kliyur  : 1 RT, terdiri dari 8 KK, 25 jiwa dan 8 rumah

Antisipasi : Seluruh penduduk sudah dievakuasi dan ditempatkan di 3 titik, yaitu di rumah sdr. Lamirah, sdr. Kasdi dan sdr Didik.

Posko bencana : Kantor Balai Desa Dayakan.

Desa Dayakan, Kecamatan Badegan ini dari Pusat kota Ponorogo berjarak sekitar 21 km dengan jarak tempuh sekitar 35 menit ke arah barat, arah jurusan Wonogiri.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s